Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Disabilitas Rungu di SLB Negeri Lamongan

Authors

  • Sofia Andaresta Maulana Mahasiswa
  • Siti Masitoh

Abstract

Kemampuan membaca pemahaman penting untuk dikuasai oleh peserta didik disabilitas rungu. Pemahaman
bacaan berfungsi untuk memaknai dan memahami isi dari suatu bacaan. Keterampilan memahami bacaan ini
berpengaruh dalam pengembangan keterampilan berbahasa dan peningkatkan kemandirian peserta didik ketika
belajar. Oleh karena itu, diperlukan dukungan untuk mengurangi masalah tersebut, dalam penelitian ini melalui
strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Strategi DRTA bermanfaat dalam merangsang peserta
didik untuk berpikir sebelum membaca, sehingga peserta didik lebih fokus pada prediksi, analisis, dan revisi
pemahaman, serta membantu pembaca memahami teks secara lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk
membuktikan pengaruh penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan
membaca pemahaman peserta didik disabilitas rungu. Pendekatan penelitian termasuk kuantitatif dengan jenis
pre-eksperimental, design one group pre-test post-test dengan menggunakan subjek 6 peserta didik disabilitas
rungu di SLB Negeri Lamongan. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes tulis dengan teknik
analisis data melalui uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan Asymp. Sig (2-tailed adalah 0.028 yang
berarti hasil tersebut kurang dari taraf signifikasi α (5%) = 0.05 atau Asymp. Sig (2-tailed) = 0,026 ≤ 0,05
(probabilitas), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi Directed Reading
Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik disabilitas rungu di SLB
Negeri Lamongan. Implikasi dari hasil penelitian ini yaitu strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA)
berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman, bermanfaat agar proses pembelajaran
membaca menjadi lebih menarik perhatian siswa, motivasi belajar meningkat, bekal meraih kesuksesan, dan
sebagai referensi baru terkait strategi pembelajaran membaca yang dapat diberikan kepada peserta didik
disabilitas rungu.
Kata Kunci: strategi DRTA, membaca pemahaman, disabilitas rungu

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-18
Abstract views: 36 , PDF Downloads: 60