PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI CANVA PADA KETERAMPILAN VOKASI DESAIN GRAFIS SISWA DISABILITAS RUNGU DI SMALB-B KARYA MULIA SURABAYA
Abstract
Abstrak
Keterampilan vokasi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, karena setiap manusia membutuhkan softskill dalam
bekerja dan hidup bermasyarakat. Dengan memiliki keterampilan vokasi, maka akan meningkatkan kemampuan
seseorang di dunia kerja. Salah satu keterampilan vokasi yang dapat dikuasai anak tunarungu adalah desain grafis.
Desain grafis memiliki banyak aplikasi, salah satunya adalah aplikasi canva. Tujuan penelitian ini adalah
membuktikan pengaruh penerapan aplikasi canva terhadap keterampilan vokasi desain grafis siswa tunarungu.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen (preexperimental design) menggunakan instrumen tes kinerja dengan desain one grup pretest-posttest design serta
menggunakan teknik tes untuk mengumpulkan data. Subjek pada penelitian ini berjumlah tujuh orang siswa
tunarungu. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan
kemampuan desain grafis siswa tunarungu sebelum dan sesudah diterapkan aplikasi canva. Hal ini menunjukkan
adanya pengaruh penerapan aplikasi canva pada keterampilan vokasi desain grafis siswa tunarungu dan implikasi hasil
penelitian ini adalah aplikasi canva berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan vokasi desain grafis, terutama
dalam membuat desain grafis banner dan aplikasi canva mendorong siswa aktif dalam proses pembelajaran dan
memberikan hasil belajar yang lebih baik.
Kata kunci: canva, desain grafis, vokasi, disabilitas rungu.
Abstract
Vocational skills are very useful for human life, because every human being needs soft skills in working and living in
society. By having vocational skills, it will increase a person's abilities in the world of work. One of the vocational
skills that can be mastered by deaf children is graphic design. Graphic design has many applications, one of which is
the Canva application. The purpose of this study was to prove the effect of implementing the Canva application on
the graphic design vocational skills of deaf students. The research approach used was a quantitative approach with a
pre-experimental research type (pre-experimental design) using a performance test instrument with a one group
pretest-posttest design design and using test techniques to collect data. The subjects in this study were seven deaf
students. The data analysis technique used was the Wilcoxon test. The results of the study showed differences in the
graphic design abilities of deaf students before and after the Canva application was implemented. This shows the
influence of the application of the Canva application on the graphic design vocational skills of deaf students and the
implications of the results of this study are that the Canva application has an effect on improving graphic design
vocational skills, especially in creating banner graphic designs and the Canva application encourages students to create
interesting learning and encourage better learning outcomes.
Keywords: canva, graphic design, vocation, deaf.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

