PENGEMBANGAN VIDEO ANGGOTA TUBUH BAGI PESERTA DIDIK DISABILITAS INTELEKTUAL DI SLB TUNAS KASIH SURABAYA

Authors

  • Lucha Erryani Puspita Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Budiyanto Budiyanto Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Pembelajaran mengenal anggota tubuh penting untuk diberikan pada peserta didik disabilitas
intelektual. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran yang
layak dan sesuai dengan peserta didik disabilitas intelektual. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
dan pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan dalam penelitian
pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE, penelitian ini dilakukan hanya sampai tiga
langkah, yaitu 1) Analyze, 2) Design, 3) Development. Data dianalisis menggunakan data persentase.
Penelitian pengembangan dilaksanakan di SLB Tunas Kasih Surabaya. Subjek yang digunakan dalam
penelitian ini adalah ahli materi, ahli media dan praktisi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran mengenal anggota tubuh bagi peserta didik
disabilitas intelektual sangat layak dan sesuai dengan persentase kelayakan (1) penilaian dari ahli
materi mencapai 85% (2) penilaian dari ahli media mencapai 100% (3) penilaian lima ahli praktisi
dengan rata–rata mencapai 94% dengan kategori sangat layak digunakan. Berdasarkan hasil penelitian
video pembelajaran mengenal anggota tubuh layak digunakan dalam pembelajaran. Implikasi hasil
penelitian yaitu meningkatkan pengetahuan peserta didik disabilitas intelektual tentang konsep
anggota tubuh melalui penggunaan video pembelajaran, mengembangkan video pembelajaran yang
menarik minat belajar, dan video pembelajaran dapat digunakan secara berulang.
Kata kunci : video pembelajaran, anggota tubuh, disabilitas intelektual.
Abstract
Learning to recognize body parts is important for learners with intellectual disabilities. development
research aims to develop a learning video that is appropriate and suitable for students with
intellectual disabilities. This research is a type of research and development (Research and
Development). The model used in this development research is the ADDIE development model, this
research was carried out only up to three steps, namely 1) Analyze, 2) Design, 3) Development. The
data were analyzed using percentage data. The development research was carried out at SLB Tunas
Kasih Surabaya. The subjects used in this study were material experts, media experts and
practitioners.
The results showed that the learning video of recognizing limbs for students with intellectual
disabilities was very feasible and in accordance with the percentage of feasibility (1) assessment from
material experts reached 85% (2) assessment from media experts reached 100% (3) assessment of
five expert practitioners with an average of 94% with the category very feasible to use. Based on the
results of the research, the learning video of recognizing limbs is feasible to use in learning. The
implications of the research results are increasing the knowledge of students with intellectual
disabilities about the concept of body members through the use of learning videos, developing
learning videos that attract learning interest, and learning videos can be used repeatedly.
Keywords: learning video, limbs, intellectual disabilities

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Budiyanto Budiyanto, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

2024-11-22
Abstract views: 77 , PDF Downloads: 89