IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BAGI PESERTA DIDIK AUTIS PADA PEMBELAJARAN IPAS
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi memiliki manfaat yaitu dapat membantu guru mengatasi tantangan
beragamnya kemampuan peserta didik, dan menyediakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan
setiap individu. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi bagi
peserta didik autis dalam pembelajaran IPAS. Pendekatan kualitatif studi deskriptif dan desain studi kasus,
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan
teknik triagulasi sumber, teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan guru mempersiapkan peserta didik autis dengan cara
melakukan ice breaking dan menyiapkan modul ajar IPAS berdiferensiasi, pembelajaran berdiferensiasi
diterapkan melalui 4 jenis yaitu, konten, proses, produk dan lingkungan belajar, evaluasi pembelajaran
berupa asesmen sumatif dan hambatan yang dialami yaitu kurangnya dukungan dari keluarga dan peserta
didik autis sering tidak hadir sekolah karena sakit, solusinya yaitu mengkomunikasikan kondisi anak
kepada orang tua dan memberikan materi pembelajaran yang dapat diakses oleh orang tua dari rumah.
Kesimpulan penelitian implementasi pembelajaran berdiferensiasi bagi peserta didik autis pada
pembelajaran IPAS terlaksana dengan baik, peserta didik lebih aktif dan media pembelajaran sesuai
dengan kebutuhan peserta didik. Implikasi dari penelitian ini yaitu pembelajaran berdiferensiasi dapat
memenuhi kebutuhan belajar anak autis yang beragam, membantu peserta didik autis untuk merasa lebih
nyaman dan percaya diri dalam situasi sosial.
Kata Kunci: pembelajaran berdiferensiasi, IPAS, autis
Differentiated Learning has the benefit of helping teachers address the challenges of diverse student
abilities and providing learning that meets the needs of each individual. This research aims to describe the
implementation of differentiated learning for autistic students in IPAS learning. The qualitative approach
of descriptive study and case study design, data collection using interviews, observations, and
documentation. The validity of the data was ensured using source triangulation techniques, data analysis
techniques through data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The research results show
that teachers prepare autistic students by conducting ice-breaking activities and preparing differentiated
IPAS teaching modules. Differentiated learning is implemented through four types: content, process,
product, and learning environment. Learning evaluation is in the form of summative assessment, and the
challenges faced include lack of support from families and autistic students often being absent from school
due to illness. The solution is to communicate the child's condition to the parents and provide learning
materials that parents can access from home. The conclusion of the research on the implementation of
differentiated learning for autistic students in IPAS lessons was successful; the students were more active,
and the learning media met their needs. The implication of this research is that differentiated learning can
meet the diverse learning needs of autistic children, helping autistic students feel more comfortable and
confident in social situations.
Keywords: Differentiated Instruction, IPAS, Autism
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

