PARTISIPASI MAHASISWA DISABILITAS DALAM KEGIATAN HIMAPALA TERHADAP PEMBENTUKAN IDENTITAS DISABILITAS
Abstract
Peningkatan partisipasi mahasiswa disabilitas dalam berbagai kegiatan kampus menjadi isu penting untuk mendukung pengembangan identitas diri yang positif dan inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi mahasiswa disabilitas di Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam (Himapala) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan kontribusi terhadap pembentukan identitas diri. Unesa, sebagai kampus yang berkomitmen terhadap inklusi, mendorong mahasiswa disabilitas untuk berpartisipasi dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), termasuk Himapala, yang menyediakan berbagai kegiatan alam terbuka, konservasi, dan aktivitas sosial yang memperkuat keterampilan interpersonal dan rasa kebersamaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus dengan pendekatan etnografi untuk mengeksplorasi interaksi dan pengalaman mahasiswa disabilitas dalam Himapala, dengan data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentas. Implikasi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejak 2020, Himapala telah berupaya meningkatkan partisipasi mahasiswa disabilitas melalui revisi kurikulum yang dilakukan pada 2022. Kegiatan ini berdampak positif pada pengembangan rasa percaya diri, keterampilan sosial, dan identitas diri mahasiswa disabilitas. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya implementasi kegiatan inklusi di lingkungan kampus untuk membangun identitas diri yang lebih adaptif dan meningkatkan kesadaran inklusi di masyarakat.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

