PARTISIPASI MAHASISWA DISABILITAS DALAM KEGIATAN HIMAPALA TERHADAP PEMBENTUKAN IDENTITAS DISABILITAS

Authors

  • Vina Nabila Universitas Negeri Surabaya
  • Ima Kurottun Aini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Peningkatan partisipasi mahasiswa disabilitas dalam berbagai kegiatan kampus menjadi isu penting untuk mendukung pengembangan identitas diri yang positif dan inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi mahasiswa disabilitas di Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam (Himapala) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan kontribusi terhadap pembentukan identitas diri. Unesa, sebagai kampus yang berkomitmen terhadap inklusi, mendorong mahasiswa disabilitas untuk berpartisipasi dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), termasuk Himapala, yang menyediakan berbagai kegiatan alam terbuka, konservasi, dan aktivitas sosial yang memperkuat keterampilan interpersonal dan rasa kebersamaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus dengan pendekatan etnografi untuk mengeksplorasi interaksi dan pengalaman mahasiswa disabilitas dalam Himapala, dengan data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentas. Implikasi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejak 2020, Himapala telah berupaya meningkatkan partisipasi mahasiswa disabilitas melalui revisi kurikulum yang dilakukan pada 2022. Kegiatan ini berdampak positif pada pengembangan rasa percaya diri, keterampilan sosial, dan identitas diri mahasiswa disabilitas. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya implementasi kegiatan inklusi di lingkungan kampus untuk membangun identitas diri yang lebih adaptif dan meningkatkan kesadaran inklusi di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-17
Abstract views: 45 , PDF Downloads: 45