IMPLEMENTASI APLIKASI GAME EDUKASI ICANDO UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA FUNGSIONAL BAGI SISWA TUNAGRAHITA
Abstract
Abstrak
Membaca fungsional bermanfaat sebagai kemampuan memahami dan menggunakan teks tertulis secara efektif dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kemampuan membaca instruksi dan informasi yang relevan. Salah satu metode yang potensial untuk meningkatkan kemampuan ini adalah melalui penggunaan game edukasi, seperti ICANDO. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh game edukasi ICANDO terhadap peningkatan kemampuan membaca fungsional siswa tunagrahita. Metode penelitian menggunakan pendekatan pre-eksperimen dengan desain One Group Pre-Test Post-Test, yang dilaksanakan di SLB Bakti Asih Surabaya dengan melibatkan enam siswa tunagrahita kelas empat Sekolah Dasar sebagai subjek. Analisis data dilakukan menggunakan Uji Wilcoxon dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata dari 30 sebelum perlakuan menjadi 34,8 setelah diberi perlakuan. Pengujian statistik Wilcoxon melalui SPSS menunjukkan nilai signifikansi (P) sebesar 0,026, yang lebih kecil dari 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan game edukasi ICANDO efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca fungsional siswa tunagrahita. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi berbasis game edukasi dalam pembelajaran dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan keterampilan literasi fungsional bagi siswa dengan kebutuhan khusus, serta memberikan peluang bagi guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.
Kata kunci: game edukasi, membaca fungsional, tunagrahita
Abstract
Functional reading is valuable as it enables individuals to understand and use written texts effectively in everyday life, including reading instructions and relevant information. One promising method for enhancing this ability is through the use of educational games, such as ICANDO. This study aims to prove the influence of ICANDO educational games on improving the functional reading ability of students with disabilities. The research employs a pre-experimental approach with a One Group Pre-Test Post-Test design, conducted at SLB Bakti Asih Surabaya, involving six fourth-grade students with intellectual disabilities as subjects. Data analysis was performed using the Wilcoxon Test with SPSS version 25. The results indicate an increase in the average score from 30 before the intervention to 34.8 after the intervention. Wilcoxon statistical testing with SPSS revealed a significance value (P) of 0.026, which is less than 0.05, leading to the rejection of H0 and acceptance of H1. Thus, it can be concluded that the use of the ICANDO educational game is effective in improving functional reading skills in students with intellectual disabilities. The implications of this study suggest that integrating technology-based educational games into instruction can serve as an innovative solution to enhance functional literacy skills for students with special needs and provides teachers with opportunities to create a more interactive and engaging learning environment.
Keywords : game education, functional reading, intellectual disability
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

