IMPLEMENTASI MEDIA MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS ANAK DISLEKSIA
Abstract
Abstrak
Kemampuan literasi sains sebagai kemampuan dasar untuk menambah kosakata, meningkatkan kemampuan verbal serta melatih kemampuan berpikir dan fokus peserta didik. Media mind mapping sebagai media berbasis visual mampu meningkatkan kemampuan komunikasi, pamahaman serta memperkuat ingatan anak disleksia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas media mind mapping terhadap kemampuan literasi sains anak disleksia di SMP Al-Ahmad Krian. Subjek dalam penelitian ini berjumlah enam peserta didik disleksia yang mengalami permasalahan dalam komunikasi dan pemahaman Bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre-eksperimen design dalam bentuk one-group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data berupa tes, instrumen pengumpulan data berupa tes kinerja dan analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan pada hasil penelitian menunjukkan bahwa media mind mapping berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains anak disleksia. Hal ini berdasarkan pada hasil analisis data yang menunjukkan Asymp. Sig. (2-tailed) 0,026 lebih kecil dari nilai signifikan 0,05 (0,026<0,05) yang artinya kemampuan literasi sains pada anak disleksia mengalami peningkatan secara signifikan menjadi lebih baik setelah diterapkannya media mind mapping terhadap peserta didik disleksia di SMP Al-Ahmad Krian. Implikasi dari penelitian ini adalah media mind mapping dapat membantu anak disleksia dalam meningkatkan kemampuan literasi sains. Media berbentuk visual terbukti dapat menarik perhatian, dapat meningkatkan kosa kata kata Bahasa dan pemahaman, serta meningkatkan motivasi anak disleksia dalam berkomunikasi dan menyampaikan informasi yang dimilikinya.
.
Kata Kunci : mind mapping, literasi sains, anak disleksia.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 206
,
PDF Downloads: 182