TINJAUAN STRATEGI PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI PADA ANAK AUTIS SMALB DI SLB NEGERI BALIKPAPAN
Abstract
Strategi pembelajaran memiliki manfaat meningkatan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Ketika
siswa terlibat secara aktif, mereka lebih cenderung memahami dan mengingat materi yang diajarkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang diterapkan pada anak autis
SMALB di SLB Negeri Balikpapan pada pasca pandemi. Fokus penelitan ini pada pelaksanaan kendala
dan solusi dari strategi pembelajaran pada anak autis SMALB di SLB Negeri Balikpapan. Penelitian ini
kualitatif dengan jenis deskriptif kualitaitf. Subjek penelitian ini guru SMALB. Teknik pengumpulan data
wawancara dan observasi dengan instrumen penelitian berupa pedoman observasi dan wawancara terkait
implementasi kendala dan solusi dari strategi pembelajaran. Keabsahan data menggunakan teknik triagulasi
sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan di SLBN Balikpapan sudah baik,
sekolah menyesuaikan mata pelajaran yang memang dapat diikuti anak autis ringan, sekolah juga sudah
memfasilitasi guru dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran pada anak autis, jadi guru
menerapkan strategi seperti flipped classroom, Project Based Learning (PBL), Total Physical Response
(TPR), guru juga sudah mengatasi kendala yang muncul selama proses pembelajaran dengan optimal sesuai
dengan sarana dan prasarana yang disediakan oleh SLB Negeri Balikpapan. Kesimpulan penelitian ini
bahwa sudah terlaksananya strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan anak autis, juga
penerapan strategi pembelajaran yang mengikuti IPTEK. Implikasi dalam penelitian ini yaitu strategi
pembelajaran yang tepat dapat mengoptimalkan kemampuan anak autis dalam pembalajaran, meningkatkan
kemampuan berpikir anak seperti analisa, kreasi, dan evaluasi, terciptanya kodisi pembelajaran yang positif,
memperoleh hasil belajar yang tinggi baik dalam aspek kognitif, afektif maupun psikomotor.
Kata kunci : anak autis, strategi pembelajaran, pasca pandemi
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 33
,
PDF Downloads: 83