Implementasi Metode Praktik Langsung Berbantuan Visual Schedule Berbasis Digital Terhadap Keterampilan Kebersihan Ruang Kelas Pada Peserta Didik Autis
Abstract
Abstrak
Keterampilan kebersihan ruang kelas penting untuk meningkatikan kemandirian dan adaptasi peserta didik autis dalam lingkungan sekolah. Tujuan penelitian untuk membuktikan pengaruh implementasi metode praktik langsung berbantuan visual schedule berbasis digital terhadap keterampilan kebersihan ruang kelas pada peserta didik autis di SLB Tunas Kasih Surabaya. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan desain Single Subject Research (SSR) A-B, penelitian ini melibatkan dua peserta didik autis yang berusia 16 dan 17 tahun dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan kebersihan ruang kelas yang dilakukan sebanyak 11 sesi yaitu 3 sesi fase baseline(A) dan 8 sesi fase intervensi (B). Analisis visual menunjukkan data stabil (100%), trend meningkat, perubahan level data menunjukkan tanda (+) dan overlap 0%. Metode ini dapat dijadikan strategi pembelajaran alternatif yang inovatif dalam pendidikan khusus untuk melatih keterampilan hidup peserta didik autis, khususnya dalam aspek kebersihan dan kemandirian. Implikasi dari hasil penelitian ini yaitu metode praktik langsung berbantuan visual schedule berbasis digital berperngaruh dalam meningkatkan keterampilan kebersihan ruang kelas pada peserta didik autis, sehingga dapat diterapkan sebagai strategi pembelajaran alternatif yang inovatif dalam pendidikan khusus. Metode praktik langsung memberikan kesempatan peserta didik autis memahami materi melalui pengalaman langsung, Visual Schedule membantu mempermudah pemahaman materi dengan menyajikan intruksi verbal menjadi intruksi visual yang lebih konkret, terstruktur, dan mudah dipahami oleh peserta didik autis.
Kata kunci : praktik, visual schedule, keterampilan hidup, autis.
Abstract
Classroom cleaning skills are essential for enhancing the independence and adaptability of autistic students in school environments. This study aims to demonstrate the impact of implementing a hands-on practice method assisted by a digital-based visual schedule on classroom cleaning skills among autistic students at SLB Tunas Kasih Surabaya. This research employs a quantitative approach with a Single Subject Research (SSR) A-B design, involving two autistic students aged 16 and 17 years. Data collection was conducted through observation, and data analysis was carried out using visual analysis within conditions and between conditions.The results indicate a significant improvement in classroom cleaning skills over 11 sessions, consisting of 3 baseline (A) phase sessions and 8 intervention (B) phase sessions. Visual analysis showed stable data (100%), an increasing trend, a positive change in data level (+), and 0% overlap. This method can serve as an innovative alternative teaching strategy in special education to train life skills for autistic students, particularly in cleanliness and independence.The study implies that the hands-on practice method assisted by a digital-based visual schedule positively impacts classroom cleaning skills in autistic students, making it a viable and innovative alternative teaching strategy in special education. Moreover, the digital-based visual schedule not only provides practical benefits but also integrates autistic students into the progress of modern technology.
Keywords: practice, visual schedule, life skills, autism
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

