Pengembangan Media Pembelajaran Vokiga Untuk Meningkatkan Kosakata Peserta Didik Disabilitas Rungu

Authors

  • Johansyah Deva Sanjaya Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Pudjiastuti Sartinah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Pembelajaran kosakata untuk peserta didik disabilitas rungu sangat penting, karena keterbatasan mereka
dalam mengakses bahasa verbal sering menghambat komunikasi. Penguasaan kosakata membantu
meningkatkan literasi, pemahaman, dan partisipasi mereka di lingkungan sosial dan pendidikan. Dalam hal
ini, diperlukan media pembelajaran yang menarik dan sesuai karakteristik mereka. Penelitian ini bertujuan
untuk mengembangkan media pembelajaran Vocabulary Kids Games (VOKIGA) yang layak untuk
meningkatkan kosakata siswa disabilitas rungu. Penelitian ini menggunakan metode Research and
Development (R&D) dengan model Luther, yang mencakup tahapan konsep, desain, pengumpulan bahan,
pembuatan, dan uji coba. Subjek uji kelayakan adalah ahli media, ahli materi, dan siswa kelas 5 disabilitas
rungu. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Validasi data menunjukkan skor kelayakan 82,35% dari
ahli media dan 82,67% dari ahli materi. Media ini terbukti meningkatkan kosakata melalui video isyarat,
pelafalan, dan visualisasi gambar yang sesuai untuk pembelajar visual. Implikasi penelitian ini
menunjukkan bahwa VOKIGA dapat menjadi media pembelajaran kosakata dan bahasa isyarat di sekolah
maupun rumah, meningkatkan minat belajar siswa melalui pendekatan visual interaktif, mendukung
penguasaan kosakata sesuai kurikulum, serta memperkuat peran guru, orang tua, dan masyarakat dalam
pembelajaran inklusif.
Kata Kunci : media pembelajaran, VOKIGA, kosakata, disabilitas rungu

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-19
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0