PENGARUH METODE SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, RIVIEW) DALAM MENINGKATKAN MEMBACA PEMAHAMAN LITERAL PESERTA DIDIK AUTIS
Abstract
Keterampilan membaca pemahaman merupakan keterampilan dasar yang penting dikuasai oleh peserta didik autis. Keterampilan membaca pemahaman berperan dalam pengembangan pengetahuan, keberhasilan akademis serta dalam kehidupan sosial. Pemahaman literal mengacu pada kemampuan untuk menangkap makna yang tersurat dalam teks namun seringkali peserta didik autis memahami teks secara harfiah tanpa memperhatikan konteks atau makna implisit. Metode SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Riview) menawarkan pendekatan terstruktur dan sistematis untuk membaca pemahaman yang secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan dan keterampilan berpikir. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode SQ4R dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman literal pada peserta didik autis. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre-eksperimen design dalam bentuk one-group pretest-posttest design dengan menggunakan subjek 6 peserta didik autis yang mengalami permasalahan dalam membaca pemahaman. Teknik pengumpulan data berupa tes tulis dengan teknik analisis data melalui uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan Asymp. Sign (2-tailed adalah 0.027 yang berarti hasil tersebut kurang dari taraf signifikasi α (5%) = 0.05 atau Asymp. Sig (2-tailed) = 0,027 ≤ 0,05 (probabilitas), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode SQ4R dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman literal peserta didik autis. Implikasi dari hasil penelitian yaitu penerapan metode SQ4R tidak hanya membantu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman literal peserta didik autis, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap keterlibatan dan motivasi selama pembelajaran.
Kata Kunci: Metode SQ4R, membaca pemahaman literal, autis
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 150
,
PDF Downloads: 192