PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE BAGI ANAK CEREBRAL PALSY

Authors

  • Ananda Primita Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Diah Anggraeny

Abstract

ABSTRAK

Kemampuan motorik halus penting sebagai dasar untuk melakukan kegiatan sehari hari seperti merawat diri dan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan media puzzle terhadap peningkatan kemampuan motorik halus anak cerebral palsy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) dan desain penelitian A-B-A. Subjek yang diteliti satu siswa dengan Cerebral palsy Quadriplegia di Yayasan Nawangsasi Takarini PNTC Solo. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi dengan instrumen berupa pedoman observasi. Teknik analisis menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil analisis data menunjukkan stabilitas data yang konsisten pada fase baseline 1 (A1) dan baseline 2 (A2) dengan persentase 100%, serta stabilitas yang baik pada fase intervensi (B) sebesar 87,5%. Hal ini berarti penggunaan media Puzzle sebagai intervensi dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak dengan cerebral palsy. Implikasi dari penelitian ini yaitu penggunaan media puzzle berfungsi sebagai media pembelajaran yang dapat merangsang koordinasi mata-tangan, kontrol gerakan tangan dan jari, serta kemampuan pemecahan masalah pada anak-anak.

Kata kunci : Motorik Halus, Puzzle, Cerebral palsy

 

ABSTRACT

Fine motor skills are important as a basis for performing daily activities such as self-care and participating in learning activities. This study aims to prove the effect of using puzzle media on improving the fine motor skills of children with cerebral palsy. This research uses a quantitative approach of experimental type with a single subject or Single Subject Research (SSR) and A-B-A research design. The subject studied was one student with Cerebral palsy Quadriplegia at the Nawangsasi Takarini Foundation PNTC Solo. The technique of data collection process in this study uses observation with instruments in the form of observation guidelines. Analysis techniques to make conclusions using analysis in conditions and analysis between conditions. The results of data analysis show consistent data stability in the baseline 1 (A1) and baseline 2 (A2) phases with a percentage of 100%, as well as good stability in the intervention phase (B) of 87.5%. This means that the use of Puzzle media as an intervention can improve fine motor skills in children with cerebral palsy The implication of this research is that the use of puzzle media serves as a learning medium that can stimulate eye-hand coordination, control of hand and finger movements, and problem solving skills in children.

Keywords : Fine Motor, Puzzle, Cerebral palsy

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-03-21
Abstract views: 146 , PDF Downloads: 215