the HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA
Abstract
Abstrak
Pola asuh memiliki manfaat penting dalam perkembangan dan kesejahteraan anak, terutama dalam pembentukan karakter sosial mereka sebagai peran utama dalam kehidupan anak, orang tua memiliki pengaruh kuat dalam menanamkan nilai-nilai, norma, dan keterampilan sosial melalui interaksi sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya hubungan antara pola asuh orang tua dengan pembentukan karakter sosial anak tunagrahita ringan di SLB AKW 1 Surabaya, sehingga dapat memberikan pemahaman lebih mendalam tentang pengaruh pola asuh terhadap perkembangan karakter sosial anak berkebutuhan khusus. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data korelasi Spearman Rank, melibatkan sampel sebanyak 12 anak tunagrahita. Berdasarkan analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 26, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,702 dengan tingkat signifikansi (2-tailed) 0,011, menunjukkan adanya hubungan signifikan antara pola asuh orang tua dengan pembentukan karakter sosial anak tunagrahita. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh yang tepat dapat memberikan kontribusi positif pada perkembangan karakter sosial anak tunagrahita, serta memberikan panduan bagi orang tua dan pendidik dalam mendukung anak-anak ini melalui pendekatan pola asuh yang lebih efektif.
Kata kunci: pola asuh, karakter sosial anak, anak tunagrahita
Abstract
Parenting plays a vital role in shaping a child's development and well-being, particularly in forming their social character. As a primary influence in a child’s life, parents impart values, norms, and social skills through daily interactions. This study aims to examine the relationship between parenting styles and the development of social character in children with mild intellectual disabilities at SLB AKW 1 Surabaya, offering insights into how parenting impacts social character growth in special needs children. A correlational research approach was used with Spearman Rank correlation analysis, involving a sample of 12 children with intellectual disabilities. Data analysis using SPSS version 26 yielded a correlation coefficient of 0.702 with a significance level (2-tailed) of 0.011, indicating a significant relationship between parenting styles and the social character development of children with intellectual disabilities. The implications of this study highlight that supportive parenting can positively contribute to the social character development of children with intellectual disabilities, providing guidance for parents and educators in adopting more effective parenting approaches.
Keywords: parenting style, social character of children, children with intellectual disabilities
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

