the PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI SLB DHARMA BAKTI PATIANROWO
Abstract
Abstrak
Kemampuan membaca pemahaman merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh peserta didik, termasuk peserta didik tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik tunarungu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pre-test post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah delapan peserta didik tunarungu di SLB Dharma Bakti Patianrowo. Variabel independen dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi PQ4R, sedangkan variabel dependen adalah kemampuan membaca pemahaman. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,012 (p < 0,05), yang menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca pemahaman setelah penerapan strategi PQ4R. Dengan demikian, strategi PQ4R efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik tunarungu di SLB Dharma Bakti Patianrowo.
Kata Kunci : Strategi PQ4R, Membaca Pemahaman, Peserta Didik Tunarungu
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 62
,
PDF Downloads: 52