the PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN FERGOMETA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DISLEKSIA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh pendekatan Fergometa (Fernald
Gillingham Metamorphosis Approach) terhadap kemampuan membaca pemahaman
peserta didik disleksia. Latar belakang penelitian adalah ditemukannya kesulitan
memahami teks sains, seperti metamorfosis kupu-kupu, pada siswa kelas 2 SDN
Wonokromo III Surabaya. Pembelajaran konvensional kurang efektif karena tidak
melibatkan aspek multisensori. Penelitian menggunakan metode pre-eksperimen
dengan desain one group pretest-posttest, melibatkan enam siswa disleksia. Data
dikumpulkan melalui tes membaca dan observasi, dianalisis dengan uji statistik.
Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam kelancaran membaca,
pengenalan kata, dan pemahaman isi bacaan. Implikasi dari penelitian ini yaitu
pendekatan Fergometa secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman peserta didik disleksia, terutama dalam kelancaran membaca, pengenalan
kata, dan pemahaman isi bacaan.
Kata kunci: Fergometa, membaca pemahaman, disleksia.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

