the PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM PEMBUATAN TEMPE KEDELAI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL)
terhadap keterampilan vokasional dalam pembuatan tempe kedelai bagi peserta didik disabilitas tunarungu
di SLB Bakti Asih. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi
eksperimen dengan desain penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol pretest-posttest design. Teknik
pengumpulan data berupa tes pengetahuan dan tes keterampilan sebelum dan sesudah perlakuan. Data
penelitian dianalisis menggunakan statistik non-parametrik rumus Wilcoxon Match Pair Test. Hasil
penelitian menunjukan adanya pengaruh baik tes pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan tempe
kedelai dengan hasil pengujian menunjukan Zhitung = 2,02 sedangkan Ztabel = 1,96. Maka Zhitung >
Ztabel. Maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan dalam pengunaan metode PJBL terhadap
kemampuan awal baik dalam pengetahuan maupun keterampilan dalam proses pembuatan tempe kedelai
bagi peserta didik tunarungu di SLB Bakti Asih.
Kata Kunci: Model PJBL, Keterampilan Vokasional. Anak Tunarungu
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

