PENGARUH TOKEN ECONOMIC TERHADAP DISTRAKSI PENYELESAIAN TUGAS ANAK AUTIS DI SEKOLAH ALAM INSAN MULIA SURABAYA
Abstract
AbstrakKemampuan menyelesaikan tugas merupakan bagian penting dalam kemampuan akademik anak. Manfaat menyelesaian tugas yang baik berpengaruh pada perkembangan kemandirian anak, berpikir kritis, dan juga proses pemecahan masalah atau problem solving. Namun, anak-anak dengan hambatan autis mengalami hambatan dalam mempertahankan fokus dan perhatian yang disebabkan oleh perilaku distraksi atau off-task behavior. Hal ini berdampak pada penurunan kinerja anak dalam menyelesaikan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh token economic terhadap menurunkan perilaku distraksi dalam menyelesaikan tugas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis eksperimen dengan metode subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) dan desain penelitian A-B-A. Subjek dalam penelitian anak perempuan berumur 8 tahun dengan autis level 1 berdasarkan kriteria DSM V di Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Teknis analisis data menggunakan analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa durasi off-task behavior menurun secara bertahap dari 7-8 menit dapat terjadi penurunan hingga 2 menit saat intervensi dan menurun menjadi 5 menit pasca dilakukan intervensi. Hal ini menunjukan penerapan token economic dapat menurunkan durasi perilaku distraksi pada anak dengan autis dalam penyelesaian tugas. Implikasi dari penelitian ini yaitu, penerapan token economic sebagai strategi pembelajaran dapat meningkatkan tingkat fokus dan konsentrasi anak dan menekan perilaku distraksi pada anak dengan autis.
Kata Kunci : token economic,perilaku distraksi, autis.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

