PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “WILMATIKA” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG DASAR PADA ANAK DISKALKULIA

Authors

  • Amanda Nur Fadhilah Universitas Negeri Surabaya
  • Asri Wijiastuti
  • Asri Wijiastuti

Abstract

Abstrak
Pendidikan matematika di Indonesia masih menghadapi tantangan, terutama dalam
pencapaian kompetensi dasar bagi peserta didik diskalkulia yang mengalami kesulitan
dalam memahami operasi hitung dasar penjumlahan dan pengurangan. Minimnya
media pembelajaran yang sesuai dapat menghambat proses pembelajaran peserta didik
diskalkulia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media
pembelajaran Wilmatika, sebuah media pembelajaran berbasis board game bermateri
operasi hitung dasar penjumalahan dan pengurangan dari angka 70 hingga 100.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model
pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation)
yang dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Wilmatika dinyatakan
sangat valid oleh ahli materi, valid oleh ahli media, dan sangat praktis menurut
penilaian praktisi. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada integrasi antara unsur
budaya lokal majapahit dalam bentuk desain media dan permainan edukatif berbasis
board game bagi peserta didik diskalkulia. Implikasinya, produk media Wilmatika
dapat menjadi solusi dalam upaya mendukung pembelajaran operasi hitung dasar
penjumlahan dan pengurangan bagi peserta didik diskalkulia di kelas 3 sekolah dasar
secara interaktif.
Kata Kunci: Board game, wilmatika, matematika, diskalkulia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-23
Abstract views: 29 , PDF Downloads: 147