PENGEMBANGAN MEDIA MOCK-UP BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK PEMAHAMAN KONSEP PANCA INDERA BAGI DISABILITAS INTELEKTUAL
Abstract
Abstrak
Pembelajaran panca indera bermanfaat untuk mengajarkan kepada siswa tentang sistem kerja tubuh
manusia dalam menerima dan memproses informasi dari lingkungan, serta menumbuhkan sikap lebih
menghargai dan merawat panca indera sebagai anggota tubuh yang penting. Tujuan penelitian ini untuk
mengembangkan media pembelajaran mock-up berbasis augmented reality materi panca indera yang layak
bagi disabilitas intelektual. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D)
dengan model ADDIE dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang
digunakan yaitu angket. Subjek penelitian meliputi ahli media, ahli materi, dan praktisi. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan perhitungan persentase. Hasil uji validasi ahli
materi 85% dengan kategori layak, hasil uji validasi ahli media 95% dengan kriteria sangat layak, dan hasil
uji kepraktisan 93,75% dengan kategori sangat layak. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa media mock
up berbasis AR layak digunakan dalam pembelajaran panca indera bagi disabilitas intelektual. Implikasi
hasil penelitian ini yaitu memudahkan memahami materi secara visual dan interaktif, mendorong partisipasi
aktif dan kepercayaan diri disabilitas intelektual.
Kata kunci: disabilitas intelektual, augmented reality, panca indera
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 96
,
PDF Downloads: 148