PENGEMBANGAN PEMAINAN ULAR TANGGA MODIFIKASI BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK AUTIS

Authors

  • Efriliana Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Sujarwanto Sujarwanto

Abstract

Abstrak

Matematika bermanfaat bagi perkembangan kognitif, meningkatkan kemampuan berfikir dan problem solving termasuk bagi anak autis, namun sering menjadi tantangan karena tuntutan pemahaman abstrak dan keterampilan logis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran permainan ular tangga modifikasi berbasis aplikasi android yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik autis. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian Research and Development (R&D) model ADDIE. Subjek penelitian dosen ahli materi, dosen ahli media, dan guru peserta didik autis sebagai praktisi. Teknik pengumpulan data dengan instrumen angket validasi materi, media, dan praktisi. Teknik analisis statistik deskriptif mean. Hasil validasi menunjukkan media ini layak digunakan. Hasil validasi ahli materi 86,7% dan ahli media 98,8%. Hasil uji kepraktisan 94,6%. Hal ini menunjukkan bahwa media ini praktis untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan ular tangga modifikasi berbasis aplikasi android layak untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik autis. Implikasi hasil penelitian yaitu dapat digunakan untuk bermain sekaligus belajar, membantu mengembangkan keterampilan sosial, emosional, fisik, dan kognitif.

 

Kata Kunci: permaiann ular tangga modifikasi, matematika, autis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-23
Abstract views: 71 , PDF Downloads: 85