A CASE STUDY SELF-ESTEEM PADA INDIVIDU REMAJA TUNARUNGU DENGAN DISABILITAS MAJEMUK YANG BERPRESTASI NASIONAL

Authors

  • sekar auwalia riswana universitas negeri surabaya
  • Diah Ekasari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Self-esteem merupakan suatu cara seseorang untuk mengevaluasi diri dan membandingkan konsep diri yang ideal berdasarkan keinginanya (ideal self) untuk berada dalam suatu kondisi yang diharapkan dengan kondisi sebenarnya (self real). Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah self-esteem remaja tunarungu disertai disabilitas majemuk yang berprestasi nasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study) yang menelaah self-esteem pada individu remaja tunarungu disertai disabilitas majemuk di Sekolah Luar Biasa Negeri Gedangan, Sidoarjo. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini mengadaptasi empat aspek self-esteem dari Coopersmith (1967). Penelitian ini menggunakan teknik thematic analysis dari Braun dan Clarke (2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa self esteem remaja tunarungu disertai disabilitas majemuk tergolong dalam self-esteem tingkat tinggi. Kesimpulan penelitian self-esteem pada individu remaja tunarungu disertai disabilitas majemuk yang berprestasi nasional tergolong dalam self-esteem tingkat tinggi yang dipengaruhi oleh 2 faktor, yakni faktor internal dan faktor eksternal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-23
Abstract views: 104 , PDF Downloads: 133