BUKU IQRO’ BERBASIS ISYARAT JILID 1: INOVASI PENGENALAN HURUF HIJAIAH BAGI SISWA TUNARUNGU
Abstract
Penelitian bertujuan untuk membuat buku Iqro’ berbasis isyarat jilid 1, berisi materi huruf hijaiah tunggal berharokat fathah, dengan penyebutan dalam bahasa latin dan isyarat, yang layak digunakan untuk anak tunarungu. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evolution) yang diadaptasi hanya sampai pada 3 tahap saja yaitu Analysis, Design dan Development. Hasil penelitian berupa buku Iqro’ berbasis isyarat jilid 1 yang kelayakannya telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan dua orang praktisi pendidikan. Penilaian validator dianalisis dengan menggnakan statistik deskriptif persentase dan diperoleh nilai ahli materi 88%, nilai ahli media 98%, nilai praktisi dari Sekolah Luar Biasa Negeri Balikpapan 85%, dan nilai praktisi dari Kepala Sekolah Dasar Luar Biasa Karya Mulia Surabaya 97,5%. Hasil uji reliabilitas dengan menggunakan rumus cronbach’s alpha maka diperoleh hasil ahli materi 0,833, ahli media 0,741 dan praktisi 0,899, yang mana rhitung>rtabel, dalam kategori reliabel. Adapun novelty/keterbaharuan berupa penambahan kode QR (Quick Response) pada setiap halaman buku yang mana bila kode QR dipindai maka akan muncul video panduan pembelajaran menggunakan bahasa isyarat yang mudah untuk diikuti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku Iqro’ berbasis isyarat jilid 1 sangat layak untuk digunakan bagi siswa tunarungu untuk belajar mengenal dan memahami huruf hijaiah.
Kata Kunci: Iqro’ Isyarat, Inovasi, Pengenalan Huruf Hijaiah, Tunarungu
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 77
,
PDF Downloads: 77