PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DENGAN JARIMATIKA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN PADA MATERI PERKALIAN DI SLB A YPAB SURABAYA
Abstract
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem solving dengan jarimatika terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan hambatan penglihatan pada materi perkalian di sekolah luar biasa (SLB) A YPAB Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimen one-group pre-test post-test. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan berpikir kritis (pre-test dan post-test) serta observasi selama pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan, dengan rata-rata nilai pre-test 41,7 meningkat menjadi 70,8 pada post-test. Uji statistik Wilcoxon Match Pairs Test (Zhitung = 2,20 > Ztabel = 1,96) mengonfirmasi bahwa metode ini berpengaruh positif. Simpulan penelitian ini adalah metode problem solving dengan jarimatika efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan hambatan penglihatan, sehingga dapat menjadi acuan bagi pendidik dalam memilih metode pembelajaran yang adaptif dan inklusif bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
Kata Kunci: problem solving, jarimatika, berpikir kritis, hambatan penglihatan, matematika
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 52
,
PDF Downloads: 64