The PENGARUH METODE MULTISENSORI VAKT BERBANTUAN MEDIA RODA BACA (ROCA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KESULITAN BELAJAR KELAS 3 di SDN BABATAN I/456
Abstract
Kesulitan membaca permulaan pada siswa disleksia merupakan tantangan serius dalam pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh metode Visual, Auditory, Kinesthetic, Tactile (VAKT) berbantuan media Roda Baca (ROCA) terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa disleksia kelas III. Penelitian dilaksanakan di SDN Babatan I/456 dengan pendekatan kuantitatif dan desain one group pretest-posttest. Subjek terdiri dari enam siswa kelas III yang teridentifikasi memiliki karakteristik disleksia. Data diperoleh melalui pretest dan posttest menggunakan instrumen terstandar yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dengan rata-rata skor +26,97 poin dan nilai signifikansi p = 0,028. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode VAKT berbantuan media ROCA secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik disleksia, terutama dalam keterampilan membaca huruf, pengenalan suku kata, dan pembentukan kata sederhana. Kesimpulannya, metode ini efektif sebagai strategi pembelajaran multisensori yang inklusif dan adaptif bagi peserta didik disleksia.
Kata kunci: Disleksia, membaca permulaan, metode VAKT, media ROCA, pendidikan inklusif
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

