PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL SOCIAL STORY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REGULASI EMOSI ANAK AUTIS

Authors

  • Ridwan Arroyan Royani Universitas Negeri Indonesia
  • Ni Made Marlin Minarsih

Abstract

Abstrak

Kemampuan regulasi emosi penting ditingkatkan pada anak autis, karena dapat membantu anak autis mengelola emosi, meningkatkan interaksi sosial, dan mendukung proses belajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku digital social story yang layak diimplementasikan untuk meningkatkan kemampuan regulasi emosi anak autis. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) model ADDIE yang menggunakan 3 tahapan, yaitu Analyze (analisis), Design (desain), dan Development (Pengembangan). Uji validasi kelayakan menggunakan skala likert dan dianalisis dengan mencari persentase dari nilai rata-rata. Hasil uji validasi kelayakan menunjukkan: (1) Uji kelayakan dari ahli materi memperoleh 88%. (2) Uji kelayakan dari ahli media memperoleh 75%. (3) Uji kelayakan dari praktisi 1 memperoleh 91%, dan dari praktisi 2 memperoleh 96%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa buku digital social story layak diimplementasikan untuk meningkatkan kemampuan regulasi emosi anak autis. Implikasi hasil penelitian pengembangan ini adalah tersedianya media pembelajaran berupa buku digital social story yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam meningkatkan kemampuan regulasi emosi anak autis secara lebih interaktif,  menarik, dan mudah untuk diakses.

Kata Kunci: digital, social story, autis, regulasi emosi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-04
Abstract views: 60 , PDF Downloads: 97