PENGARUH METODE AUDITORY VERBAL THERAPY (AVT) TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA ANAK PENGGUNA ALAT BANTU DENGAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas Auditory Verbal Therapy (AVT) dalam meningkatkan penguasaan kosakata pada anak dengan gangguan dengar kelas 1 SD pengguna alat bantu dengar yang berlokasi di SDLB Karya Mulia Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest untuk mengukur kemampuan penguasaan kosakata reseptif dan produktif sebelum dan sesudah pemberian intervensi AVT. Sebanyak enam anak dengan gangguan dengar kelas 1 pengguna alat bantu dengar menjadi subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, yang terdiri atas tes perbuatan untuk mengukur kemampuan pasif-reseptif penguasaan kosakata dan tes lisan untuk mengukur kemampuan aktif-produktif pelafalan kosakata anak dengan gangguan dengar. Hasil analisis Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan peningkatan yang signifikan pada skor posttest dibandingkan dengan pretest (Wilcoxon Signed Ranks Test, Z = 0.026, p < 0.05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Auditory Verbal Therapy memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan penguasaan kosakata benda pada anak dengan gangguan dengar pengguna alat bantu dengar di kelas 1 SD.
Kata Kunci: Tunarungu, Kosakata, AVT
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

