PENGARUH METODE AUDITORY VERBAL THERAPY (AVT) TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA ANAK PENGGUNA ALAT BANTU DENGAR

Authors

  • Rahmat Batara Zakaria Zakaria State Univeristy of Surabaya
  • Diah Ekasari

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas Auditory Verbal Therapy (AVT) dalam meningkatkan penguasaan kosakata pada anak dengan gangguan dengar kelas 1 SD pengguna alat bantu dengar yang berlokasi di SDLB Karya Mulia Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest untuk mengukur kemampuan penguasaan kosakata reseptif dan produktif sebelum dan sesudah pemberian intervensi AVT. Sebanyak enam anak dengan gangguan dengar kelas 1 pengguna alat bantu dengar menjadi subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, yang terdiri atas tes perbuatan untuk mengukur kemampuan pasif-reseptif penguasaan kosakata dan tes lisan untuk mengukur kemampuan aktif-produktif pelafalan kosakata anak dengan gangguan dengar. Hasil analisis Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan peningkatan yang signifikan pada skor posttest dibandingkan dengan pretest (Wilcoxon Signed Ranks Test, Z = 0.026, p < 0.05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Auditory Verbal Therapy memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan penguasaan kosakata benda pada anak dengan gangguan dengar pengguna alat bantu dengar di kelas 1 SD.

Kata Kunci: Tunarungu, Kosakata, AVT

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-04
Abstract views: 15 , PDF Downloads: 13