PENGARUH MEDIA APLIKASI MOOSE MATH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK CEREBRAL PALSY
Abstract
Abstrak
Matematika bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya sekadar angka dan rumus, matematika adalah bahasa universal yang memungkinkan dalam memahami dunia, memecahkan masalah, dan mengembangkan diri. Peserta didik cerebral palsy seringkali mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan media aplikasi Moose Math dalam meningkatkan kemampuan matematika penjumlahan dan pengurangan pada peserta didik cerebral palsy. Pendekatan penelitian ini kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design. Desain penelitian yang digunakan yaitu one-group pretest-posttest design dengan menggunakan instrument tes tulis dan menggunakan 5 subjek peserta didik cerebral palsy tipe diplegia di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surabaya. Teknik analisis data menggunakan uji statistik non parametrik wilcoxon match pair test dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan Asymp.Sig (2-tailed) 0,001 sehingga dapat disimpulkan bahwa media aplikasi Moose Math berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan matematika penjumlahan dan pengurangan peserta didik cerebral palsy. Implikasi dari penelitian ini yaitu media aplikasi Moose Math bermanfaat untuk membantu peserta didik cerebral palsy yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika penjumlahan dan pengurangan dan juga bermanfaat pada pengalaman belajar yang lebih menarik, visual, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan individu.
Kata kunci: moose math, matematika, cerebral palsy,
Abstract
Mathematics is useful in everyday life, not just numbers and formulas; mathematics is a universal language that enables us to understand the world, solve problems, and develop ourselves. Students with cerebral palsy often experience difficulties in learning addition and subtraction. This study aims to prove the effect of using the Moose Math application in improving addition and subtraction skills in students with cerebral palsy. This research uses a quantitative approach with a pre-experimental design. The research design used is a one-group pretest-posttest design with written tests and five subjects with diplegic cerebral palsy at the Surabaya Foundation for the Development of Disabled Children (YPAC) in Surabaya. Data analysis techniques used the non-parametric Wilcoxon matched-pairs test with a significance level of 0.05. The results showed Asymp.Sig (2-tailed) 0.001, indicating that the Moose Math app has an effect on improving the addition and subtraction skills of students with cerebral palsy. The implications of this study are that the Moose Math application is beneficial in helping students with cerebral palsy who experience difficulties in learning addition and subtraction, and it is also beneficial in creating a more engaging, visual, and customizable learning experience tailored to individual needs.
Keywords: moose math, math, cerebral palsy,
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

