Pengembangan MEDIA WORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PESERTA DIDIK TUNARUNGU

Authors

  • Isna Hilaliyah Barokah Universitas Negeri Surabaya
  • Murtadlo Murtadlo

Abstract

Abstrak

Keterampilan menulis permulaan ialah tahap awal dalam perkembangan peserta didik dalam mengekspresikan pikirannya melalui tulisan. Media pembelajaran menulis permulaan yang digunakan peserta didik tunarungu dibuat seketika saat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kelayakan dan kepraktisan dari media yang akan dikembangkan untuk peserta didik tunarungu dalam belajar terkait latihan penulisan dasar. Pengembangan ini menggunakan model 4D yang disederhanakan menjadi 3D terdiri dari Define, Design, dan Development. Hasil validasi ahli materi mendapatkan nilai sebesar 95,83% sedangkan hasil validasi ahli media mendapatkan nilai sebesar 90,90% yang mana menunjukkan bahwa media pembelajaran ini valid dan layak untuk digunakan. Uji kelayakan guru/praktisi menunjukkan nilai sebesar 89,42% yang mana dapat dikatakan bahwa media pembelajaran ini layak untuk digunakan dan praktis. Novelty utama dari media pembelajaran ini yaitu pemanfaatan variasi strategi pembelajaran (bantuan penuh, bantuan sedikit, mandiri) dalam satu lembar worksheet. Kesimpulannya adalah media worksheet yang dikembangkan dinyatakan valid, layak dan praktis oleh ahli materi, media dan praktisi.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Menulis Permulaan, Tunarungu

 

Abstract

Beginning writing skills are the initial stage in the development of students in expressing their thoughts through writing. The learning media for beginning writing used by deaf students is created immediately during the learning process. The aim of this research is to determine the validity, feasibility, and practicality of the media to be developed for deaf students in learning related to basic writing exercises. This development uses a simplified 4D model into 3D consisting of Define, Design, and Development. The results of the material expert validation received a score of 95.83%, while the media expert validation received a score of 90.90%, indicating that this learning media is valid and suitable for use. The feasibility test by teachers/practitioners showed a score of 89.42%, which suggests that this learning media is feasible to use and practical. The novelty of this learning media lies in leveraging varied teaching strategies (full assistance, partial assistance, independent) within a single worksheet. In conclusion, the developed worksheet media was declared valid, feasible, and practical by material experts, media specialists, and practitioners.

Keywords: Learning Media, Beginning Writing, Deaf

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-11
Abstract views: 12 , PDF Downloads: 3