PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT TERSTRUKTUR ANAK AUTIS DI SD LABSCHOOL UNESA 2 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Bahasa penting, baik secara verbal maupun nonverbal, yang membantu individu menyampaikan pikiran dan membangun interaksi sosial. Anak autis sering mengalami kesulitan dalam menulis kalimat terstruktur sesuai pola Subjek–Predikat–Objek (SPO). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran induktif terhadap kemampuan menulis kalimat terstruktur pada peserta didik autis di SD Labschool Unesa 2 Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimen tipe one-group pretest-posttest design dan melibatkan enam peserta didik autis. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran induktif berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan menulis kalimat terstruktur pada anak autis. Implikasi dari penelitian ini yaitu model pembelajaran induktif mampu meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik, khususnya dalam memahami pola bahasa, sehingga dapat menunjang proses pembelajaran peserta didik.
Kata Kunci: model pembelajaran induktif, kalimat terstruktur, autis.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

