PENGARUH METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DISABILITAS RUNGU PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPLB-B KARYA MULIA SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik disabilitas rungu pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMPLB-B Karya Mulia Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Desain penelitian menggunakan one group pretest-pottest design, serta teknik pengumpulan data menggunakan uji wilcoxon SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,012 ≤ 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta disabilitas rungu pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMPLB-B Karya Mulia Surabaya. Implikasi penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, mengembangkan kosa kata, meningkatkan kemampuan berpikir secara kritis, dan dapat mendorong peserta didik disabilitas rungu untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Metode SQ3R, membaca pemahaman, Bahasa Indonesia, disabilitas rungu.
This study seeks to find out how the SQ3R method (Survey, Question, Read, Recite, and Review) impacts the reading comprehension skills of hearing-impaired students in Indonesian language classes at Special Junior High School Karya Mulia Surabaya. This study employs a quantitative approach with a pre-experimental research design. The research design uses a one-group pretest-posttest design, and data collection techniques utilize the Wilcoxon test in SPSS 26. The results of this study indicate an Asymp. Sig. (2-tailed) value of 0.012 ≤ 0.05. Based on these results, it can be concluded that the SQ3R method (Survey, Question, Read, Recite, and Review) has an effect on the reading comprehension ability of deaf students in Indonesian language lessons at Special Junior High School Karya Mulia Surabaya. The implications of this research are beneficial for improving reading comprehension ability, developing vocabulary, enhancing critical thinking skills, and encouraging deaf students to be more active in the learning process.
Keywords: SQ3R method, reading comprehension, Indonesian language, deaf.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

