PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOKLET CERPEN DALAM MEMBACA PEMAHAMAN BAGI DISABILITAS INTELEKTUAL

Authors

  • Zhafa Fitria Rifdaniar Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwik Widajati Widajati

Abstract

Abstrak
Pembelajaran membaca pemahaman bermanfaat untuk membantu peserta didik memahami isi bacaan secara
menyeluruh, seperti memahami isi teks, menemukan informasi spesifik, serta menginterpretasikan pesan dalam teks.
Namun, peserta didik dengan disabilitas intelektual menghadapi hambatan kognitif yang menyebabkan kesulitan
dalam memahami bacaan, terlebih lagi karena keterbatasan media pembelajaran yang tersedia. Penelitian ini bertujuan
untuk mengembangkan media pembelajaran e-booklet cerpen bertema keterampilan sosial yang layak digunakan
dalam pembelajaran membaca pemahaman bagi disabilitas intelektual. Penelitian ini menggunakan jenis research and
development (R&D) dengan model ADDIE pada tahap analisis, desain, dan pengembangan, serta pendekatan
kuantitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data berupa angket, dengan subjek penelitian meliputi ahli media, ahli
materi, dan praktisi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif melalui perhitungan mean. Hasil
validasi ahli materi menunjukkan persentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 98,91%
dengan kategori sangat layak, dan praktisi sebesar 97,92% dengan kategori sangat layak. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa media e-booklet cerpen keterampilan sosial layak digunakan dalam pembelajaran membaca
pemahaman bagi peserta didik disabilitas intelektual. Implikasi hasil penelitian ini yaitu memudahkan peserta didik
dalam memahami materi secara visual dan kontekstual, mendorong partisipasi aktif, serta meningkatkan kepercayaan
diri dan minat belajar peserta didik disabilitas intelektual.
Kata kunci: disabilitas intelektual, e-booklet cerpen, membaca pemahaman

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-12
Abstract views: 12 , PDF Downloads: 14