EKSPLORASI PENGGUNAAN GAME ETHNO BRAIN TERHADAP LITERASI MATEMATIS ANAK DISKALKULIA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan game Ethno Brain terhadap literasi matematis pada anak dengan diskalkulia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian eksploratif, dilaksanakan di tempat terapi anak kesulitan belajar SEBAYA. Subjek penelitian terdiri dari tiga anak dengan jenis diskalkulia berbeda (intermediate, indiagnostik, dan operasional) serta tiga orang terapis. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game Ethno Brain dapat meningkatkan literasi matematis anak diskalkulia dalam aspek personal, occupational, societal, dan scientific. Anak menunjukkan peningkatan pemahaman terhadap konsep dasar matematika, kemampuan berpikir logis, serta peningkatan minat dan motivasi dalam pembelajaran matematika. Respons emosional positif dan keterlibatan aktif dalam permainan juga
memperkuat hasil temuan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa game Ethno Brain efektif sebagai media bantu pembelajaran dalam meningkatkan literasi matematis anak dengan diskalkulia.
Kata Kunci: Game Ethno Brain, Literasi Matematis, Diskalkulia
Abstrack
This study aims to describe the effect of using the Ethno Brain game on mathematical literacy in children with
dyscalculia. This study uses a qualitative approach with an exploratory research type, conducted at a therapy
center for children with learning disabilities, SEBEYA. The subjects of the study consisted of three children with
different types of dyscalculia (intermediate, diagnostic, and operational) and three therapists. Data collection
techniques include participant observation, structured interviews, and documentation. The results of the study
indicate that the use of the Ethno Brain game can improve the mathematical literacy of children with dyscalculia in personal, occupational, societal, and scientific aspects. Children showed an increase in understanding of basic mathematical concepts, logical thinking skills, and increased interest and motivation in learning mathematics. Positive emotional responses and active involvement in the game also strengthen the findings. Thus, it can be concluded that the Ethno Brain game is effective as a learning aid in improving the mathematical literacy of children with dyscalculia.
Keywords: Ethno Brain Game, Mathematical Literacy, Dyscalculia
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

