Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Disabilitas Intelektual Sedang di SLB-C AKW Kumara I Surabaya

Authors

  • Revy Amanda Dwifarra Hariyono Universitas Negeri Surabaya
  • wiwik widajati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Manfaat keterampilan motorik kasar bagi anak sebagai gerak dasar yaitu untuk mengembangkan dirinya sendiri secara optimal baik dari segi fisik, kognitif, motorik, sosial dan emosional. Namun beberapa anak disabilitas intelektual sedang belum mempunyai keterampilan motorik kasar yang baik, sehingga diperlukan media yang dapat menunjang motorik kasarnya dengan menggunakan media audio visual. Selaras dengan hal tersebut, maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk membuktikan perbedaan keterampilan motorik kasar anak disabilitas intelektual sedang sebelum dan sesudah diterapkan penggunaan media audio visual di SLB-C AKW Kumara I Surabaya. Subjek pada penelitian ini berjumlah tujuh peserta didik disabilitas intelektual sedang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes perbuatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon Matched Pairs Test dengan uji rumus Wilcoxon dan uji Wilcoxon SPSS 29. Hasil penelitian menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,018 ≤ 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media audio visual berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar anak disabilitas intelektual sedang di SLB-C AKW Kumara I Surabaya. Implikasi hasil penelitian ini yaitu media audio mampu meningkatkan keterampilan motorik kasar anak disabilitas intelektual sedang khususnya gerak dasar seperti berlari, melompat, meloncat dan melempar bola.

Kata kunci: Audio Visual, Motorik Kasar, Disabilitas Intelektual

 

Abstract

Gross motor skills are basic skills that need to be mastered by children with moderate intellectual disabilities. However, some children with moderate intellectual disabilities do not have good gross motor skills, so media is needed that can support their gross motor skills by using audio-visual media. In line with this, a study was conducted with the aim of proving the difference in gross motor skills of children with moderate intellectual disabilities before and after the use of audio-visual media was implemented at SLB-C AKW Kumara I Surabaya. The subjects in this study were seven students with moderate intellectual disabilities. The research approach used was a quantitative pre-experimental design approach with a one group pretest-posttest design. The data collection technique used a performance test. The data analysis technique used was the Wilcoxon Matched Pairs Test with the Wilcoxon formula test and the Wilcoxon SPSS 29 test. The results of the study showed an Asymp. Sig. (2-tailed) value of 0.018 ≤ 0.05. Based on the results of the study, it can be concluded that audio-visual media has an effect on improving the gross motor skills of children with moderate intellectual disabilities at SLB-C AKW Kumara I Surabaya. The implications of the results of this study are that audio media can improve gross motor skills of children with moderate intellectual disabilities, especially basic movements such as running, jumping, hopping and throwing balls.

Keywords: Audio Visual, Gross Motor, Intellectual Disability

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-18
Abstract views: 8 , PDF Downloads: 3