PENANGANAN PERILAKU BERMASALAH SISWA AUTIS OLEH GURU DI SLB DAN SEKOLAH INKLUSI
Abstract
ABSTRAK
Masalah perilaku pada anak autis menjadi tantangan serius yang mempengaruhi tidak hanya
perkembangan individu tetapi berpengaruh terhadap suasana belajar secara keseluruhan. Anak autis
sering menunjukkan perilaku yang menggangu, seperti perilaku berulang misalnya menggoyangkan
tangan, memutar-mutar objek yang di pegang, keluar masuk kelas dengan alasan yang sama. Tujuan
penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi intervensi minor dan moderat. Subjek yang diteliti
adalah guru yang memiliki peserta didik autis dengan jumlah 15 responden. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles & Huberman. Hasil
survei pada komponen strategi minor menunjukkan bahwa mayoritas guru sepakat pada pilihan sangat
setuju dengan persentase 40% sedangkan hasil survei pada komponen strategi moderat menunjukkan
bahwa mayoritas guru sepakat pada pilihan sangat setuju dengan persentase 44,4 %. Hal ini menunjukan
bahwa penerapan strategi minor dan moderat menjadi langkah awal dalam menangani perilaku
bermasalah pada siswa autis di sekolah. Implikasi dari penelitian ini yaitu dengan adanya intervensi yang
diberikan oleh guru pada anak autis mampu menciptakan lingkungan kelas yang kondusif.
Kata Kunci : Autis, perilaku bermasalah
ABSTRACT
Behavioral problems in autistic children are a serious challenge that affects not only individual
development but also the overall learning atmosphere. Autistic children often show disruptive behavior,
such as repetitive behavior such as shaking hands, spinning objects held, entering and leaving the
classroom for the same reason. The purpose of this study was to analyze minor and moderate intervention
strategies. The subjects studied were teachers who had autistic students with a total of 15 respondents.
The research method used was quantitative descriptive. The research data collection technique used
instruments. The data analysis technique used in this study used the Miles & Huberman model. The
results of the survey on the minor strategy component showed that the majority of teachers agreed on the
option of strongly agreeing with a percentage of 40% while the results of the survey on the moderate
strategy component showed that the majority of teachers agreed on the option of strongly agreeing with a
percentage of 44.4%. This shows that the implementation of minor and moderate strategies is the first
step in dealing with problematic behavior in autistic students in schools. The implication of this study is
that interventions provided by teachers to autistic children can create a conducive classroom
environment.
Keywords: Autism, Problematic Behavior
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

