PENGARUH METODE SYLLABLE MANIPULATION TERHADAP MEMORI JANGKA PENDEK FONOLOGIS SISWA DISLEKSIA DI SDN WONOKROMO III SURABAYA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode syllable manipulation terhadap
memori jangka pendek fonologis siswa disleksia di SDN Wonokromo III Surabaya. Anak
disleksisa memiliki kemampuan menyimpan dan mengulang informasi verbal jangka pendek
sangat kurang, yang merupakan salah satu ciri gangguan dalam pemrosesan fonologis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-experimental dan
desain one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa
dengan disleksia. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes Rey Auditory Verbal
Learning Test (RAVLT) untuk mengukur kapasitas memori fonologis jangka pendek. Data
dianalisis menggunakan uji statistik non-parametrik Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test sebesar 46,6 meningkat menjadi 75
pada post-test, dengan selisih rata-rata sebesar 28,3. Uji Wilcoxon menunjukkan nilai
signifikansi 0,023 (< 0,05). Oleh karena itu, metode ini dinilai efektif dalam mengembangkan
kemampuan fonologis jangka pendek dalam kemampuan menyimak.
Kata Kunci: dyslexia, memori jangka pendek fonologis, syllable manipulation, RAVLT
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

