PENGARUH VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN JASUKE TERHADAP KETERAMPILAN VOKASIONAL ANAK DENGAN DISABILITAS INTELEKTUAL DI SLB B-C SITI HAJAR SIDOARJO

Authors

  • Felix yosafat universitas negeri surabaya
  • Endang Pudjiastuti Sartinah

Abstract

Abstrak
Keterampilan vokasional bermanfaat dalam pendidikan bagi anak dengan disabilitas intelektual, terutama untuk mempersiapkan mereka menjalani kehidupan yang lebih mandiri di masa depan. Peserta didik disabilitas intelektual mengalami hambatan kognitif dan adaptasi yang memengaruhi keterampilan vokasional mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video tutorial terhadap keterampilan vokasional pembuatan jasuke (Jagung Susu Keju) pada peserta didik disabilitas intelektual di SLB B-C Siti Hajar Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen one group pretest-posttest, dan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon match pair test. Subjek terdiri dari enam peserta didik jenjang SMPLB kelas 7, 8 dan 9 di SLB B-C Siti Hajar Sidoarjo. Intervensi pada penelitian ini berupa penggunaan video tutorial buatan peneliti sebagai panduan pembuatan jasuke. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan keterampilan vokasional, dengan rata-rata nilai pretest 44,3 meningkat menjadi 77,8 pada posttest. Nilai signifikansi 0,027 ≤ 0,05 menunjukkan bahwa video tutorial efektif dalam meningkatkan keterampilan vokasional peserta didik, khususnya dalam pembuatan jasuke. Implikasi hasil dari penelitian ini yaitu peserta didik mengalami peningkatan dalam keterampilan vokasional membuat jasuke, peserta didik mampu mengikuti langkah-langkah pembuatan jasuke dengan baik.

Kata Kunci: disabilitas intelektual, vokasional skill, media video tutorial

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-23
Abstract views: 6 , PDF Downloads: 0