PENGARUH PERMAINAN TREASURE HUNT TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN
Abstract
Abstrak
Mengenal lambang bilangan bermanfaat untuk memfasilitasi perkembangan numerasi dan kognisi awal
pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh permainan treasure hunt
terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada peserta didik tunagrahita ringan di SLB Al
Azhar. Pendekatan penelitian ini kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Desain penelitian
yang digunakan yaitu one-group pretest-posttest design dengan menggunakan instrumen tes tulis dan
menggunakan 6 subjek peserta didik tunagrahita ringan di SLB Al-Azhar. Teknik analisis data
menggunakan uji statistik non parametrik sign test dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian
menunjukkan Sig. (2-tailed) bernilai 0,219. sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan treasure
hunt berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan peserta didik
tunagrahita ringan. Implikasi hasil penelitian yaitu metode permainan dapat menjadi strategi yang
efektif dan adaptif dalam pendidikan khusus, khususnya dalam meningkatkan pemahaman konsep
numerasi dasar yang bersifat abstrak, pembelajaran interaktif yang menyenangkan dan bermakna bagi
peserta didik tunagrahita ringan.
Kata Kunci : permainan treasure hunt, bilangan, tunagrahita ringan
Abstract
Recognizing number symbols is useful for facilitating the development of numeracy and early cognition
in students. This study aims to prove the effect of treasure hunt game on the ability to recognize number
symbols in mildly disabled students at SLB Al-Azhar. This research approach is quantitative with pre
experiment research type. The research design used was a one-group pretest-posttest design using a
written test instrument and using 6 subjects of mildly disabled students at SLB Al-Azhar. The data
analysis technique uses a non-parametric statistical test sign test with a significant level of 0.05. The
results showed Sig. (2-tailed) is 0.219. so it can be concluded that the treasure hunt game has an effect
on improving the ability to recognize the number symbols of mildly disabled students. The implication
of the results of the study is that the game method can be an effective and adaptive strategy in special
education, especially in improving the understanding of basic numeracy concepts that are abstract,
fun and meaningful interactive learning for students with mild disabilities.
Keywords: treasure hunt game, numbers, mild intellectual disabilities
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

