PENGARUH PENERAPAN MEDIA PUZZLE KALIMAT BERBASIS WEBSITE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SISWA TUNARUNGU
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan media puzzle kalimat berbasis website terhadap kemampuan menulis kalimat siswa tunarungu. Penelitian menggunakan pendeketan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen tipe one group pre-test post-test. Teknik pengumpulan data berupa tes pengetahuan sebelum dan sesudah perlakuan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah enam siswa tunarungu kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Karya Mulia Surabaya. Data penelitian dianalisis menggunakan statistic non parametrik Wilcoxon Ranked Sign Test. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument menulis kalimat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan dibuktikan Asymp.sig 2 tailed bernilai 0,027 (p < 0,05) nilai ini lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian media puzzle kalimat berbasis website memiliki pengaruh dan efektif serta interaktif digunakan sebagai alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat pada siswa tunarungu.
Kata Kunci: Media puzzle kalimat, website, kemampuan menulis kalimat, tunarungu.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

