PENERAPAN MEDIA LUKIS PAINT BY NUMBER TERHADAP KEMAMPUAN VISUAL-SPASIAL TUNARUNGU USIA DINI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan media lukis Paint by Number
terhadap peningkatan kemampuan visual-spasial pada anak tunarungu usia dini di SLB-B Karya Mulia IV
Surabaya. Metode yang digunakan adalah desain one group pretest-posttest dengan pendekatan
kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 6 subjek yang terdiri dari anak tunarungu berusia 4–6 tahun. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan visual-spasial yang diberikan pada pretest dan
posttest. Instrumen yang digunakan adalah lembar tugas Paint by Number yang mencakup pengenalan
angka dan warna, serta pencocokan angka dengan warna dalam gambar. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji statistik dilakukan melalui uji prasyarat berupa uji normalitas dengan Shapiro-Wilk
dan uji homogenitas dengan Levene’s Test. Selanjutnya, uji hipotesis menggunakan paired sample t-test
untuk melihat perbedaan skor pretest dan posttest. Hasil analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi
normal dan homogen. rata-rata nilai pretest sebesar 35 meningkat menjadi 52 pada posttest. Hasil uji
paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (p < 0,05), yang berarti terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan demikian, media Paint by
Number efektif dalam meningkatkan kemampuan visual-spasial anak tunarungu usia dini. Simpulan
penelitian ini adalah bahwa media Paint by Number efektif dalam meningkatkan kemampuan visualspasial anak tunarungu usia dini. Disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan dengan jumlah sampel
yang lebih besar dan pengembangan media serupa untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak
tunarungu.
Kata Kunci: Paint by Number, visual-spasial, anak tunarungu, melukis
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

