PENGARUH MEDIA SCRABBLE KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR
Abstract
Kemampuan membaca permulaan merupakan aspek penting dalam perkembangan membaca, khususnya bagi anak berkesulitan belajar. Dibutuhkan media pembelajaran yang sesuai dan menarik, salah satunya Scrabble kata, yaitu permainan edukatif yang dimodifikasi untuk melatih keterampilan membaca. Penelitian ini bertujuan mengukur pengaruh media Scrabble kata terhadap kemampuan membaca permulaan anak berkesulitan belajar. Subjek penelitian adalah enam siswa kelas 2 di Sekolah Dasar Negeri Wonokromo III/392 Surabaya yang mengalami hambatan membaca seperti membedakan huruf, membaca suku kata, kata sederhana, dan mendikte. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Data dikumpulkan melalui tes lisan dan tulisan, lalu dianalisis menggunakan uji Wilcoxon melalui SPSS 26. Hasil pretest menunjukkan rata-rata 43,03 dan meningkat menjadi 66,65 pada post-test setelah enam kali intervensi. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,027 ≤ 0,05 menunjukkan peningkatan signifikan. Oleh karena itu dapat diambil kesimpulan bahwa media Scrabble Kata berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan anak berkesulitan belajar di Sekolah Dasar Negeri Wonokromo III/392.
Kata Kunci: Scrabble kata, membaca permulaan, anak berkesulitan belajar
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

