Analisis Pembelajaran OMSK dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Tunanetra di SLB Negeri Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kemandirian peserta didik tunanetra di SLB Negeri Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah SLB Negeri Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang, guru yang mengampu pembelajaran OMSK, orang tua peserta didik tunanetra, dan juga peserta didik dengan kondisi tunanetra tanpa hambatan penyerta di jenjang kelas dasar. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program OMSK memberikan kontribusi positif terhadap kemandirian peserta didik, meskipun masih terdapat kendala seperti keterbatasan sarana prasarana dan perbedaan kemampuan individu. Dengan demikian, dukungan sekolah dan keluarga, serta peningkatan kualitas pembelajaran dan fasilitas, menjadi kunci keberhasilan program. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran OMSK dalam konteks pendidikan inklusif.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

