PENGARUH VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN TAHU BULAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VOKASIONAL BAGI DISABILITAS INTELEKTUAL SMALB-C AKW KUMARA II SURABAYA
Abstract
Kemampuan vokasional bermanfaat bagi peserta didik disabilitas intelektual untuk mendukung kemandirian, kesiapan dalam dunia kerja dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Peserta didik disabilitas intelektual memiliki hambatan dalam memahami materi pembelajaran, sehingga memerlukan media pembelajaran yang sesuai kebutuhan dan interaktif bagi peserta didik disabilitas intelektual yaitu video tutorial. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan video tutorial dalam pembuatan tahu bulat terhadap peningkatan kemampuan vokasional peserta didik disabilitas intelektual ringan. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dengan jenis pre-eksperimen dan desain one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes kinerja dengan 6 subjek peserta didik disabilitas intelektual. Teknik analisis data menggunakan uji statistik non parametrik Wilcoxon signed rank test dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan Asymp.Sig (2- tailed) 0,026<0,05. sehingga dapat disimpulkan video tutorial berpengaruh terhadap kemampuan vokasional pembuatan tahu bulat peserta didik disabilitas intelektual ringan. Implikasi penelitian ini media video tutorial dapat meningkatkan keterampilan vokasional pembuatan tahu bulat, membantu pemahaman materi, dan memudahkan mengingat informasi.
Kata Kunci: video tutorial, kemampuan vokasional, disabilitas intelektual
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 52
,
PDF Downloads: 54