PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEO TUTORIAL MEMBUAT KERAJINAN BUNGA KAWAT BULU TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN VOKASIONAL PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN
Abstract
Keterampilan vokasional memiliki manfaat yaitu meningkatkan kemandirian, membantu siswa
beradaptasi dengan dunia kerja, dan mengembangkan potensi diri. Namun siswa tunagrahita ringan
memiliki hambatan dalam memahami materi pembelajaran sehingga dalam praktiknya membutuhkan
media pembelajaran interaktif yang sesuai untuk kebutuhan belajar siswa tunagrahita ringan, yaitu
menggunakan media video tutorial. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh penerapan media
video tutorial membuat kerajinan bunga kawat bulu terhadap peningkatan keterampilan vokasional pada
siswa tunagrahita ringan. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif, jenis penelitian pre-eksperimen
dengan rancangan penelitian one group pretest and posttest design. Teknik pengumpulan data
menggunakan instrument tes kinerja. Subjek penelitian 6 siswa tunagrahita ringan. Teknik analisis data
menggunakan uji Wilcoxon dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan Asymp.Sig (2-
tailed) 0,28 maka 0,28 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media video tutorial membuat
kerajinan bunga kawat bulu berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan vokasional pada siswa
tunagrahita ringan. Implikasi penelitian ini yaitu media video tutorial dapat meningkatkan keterampilan
vokasional pembuatan bunga kawat bulu, membantu pemahaman materi dan meningkatkan daya tarik dan
motifasi belajar siswa serta menyediakan pembelajaran yang lebih interaktif.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

