PENGARUH GAME EDUKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB NEGERI GEDANGAN
Abstract
Kemampuan membaca kata bermanfaat dalam proses belajar peserta didik untuk memperoleh pengetahuan atau informasi, menambah perbendaharaan kata, dan memudahkan pemahaman materi pembelajaran. Peserta didik tunagrahita ringan mengalami hambatan dalam kemampuan membaca kata karena tingkat intelektual di bawah rata-rata dan kesulitan berpikir abstrak sehingga memerlukan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar yang menarik bagi peserta didik tunagrahita ringan, salah satunya game edukasi wordwall. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh game edukasi wordwall pada kemampuan membaca kata bagi peserta didik tunagrahita ringan. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian pre-experimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 8 peserta didik tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen penilaian menggunakan tes lisan. Teknik analisis data menggunakan uji statistik non parametrik wilcoxon signed rank test dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,011 ≤ 0,05. Sehingga dapat disimpulkan media game edukasi wordwall berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca kata peserta didik tunagrahita ringan. Implikasi penelitian ini yaitu media game edukasi wordwall dapat meningkatkan kemampuan membaca kata, menambah kosakata baru, membantu pemahaman materi pelajaran, memudahkan mengingat informasi, menarik minat belajar dan membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik tunagrahita ringan.
Kata Kunci: Tunagrahita ringan, membaca kata, game edukasi wordwall
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 83
,
PDF Downloads: 86