ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK TUNAGRAHITA DI SLB C AKW KUMARA II SURABAYA
Abstract
Abstrak.
Pola asuh orang tua bermanfaat meningkatkan kemampuan komunikasi, mengoptimalkan proses
tumbuh kembang dan membentuk karakter anak tunagrahita. Untuk menggapai tujuan tersebut orang
tua harus menerapkan pola asuh yang tepat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pola
asuh dengan kemampuan komunikasi anak tunagrahita di SLB C AKW KUMARA II Surabaya.
Fokus penelitian deskripsi pola asuh terhadap kemampuan komunikasi anak tunagrahita. Pendekatan
yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi
dari 5 informan anak tunagrahita dan orang tua. Data dianalisis menggunakan model Miles dan
Huberman, yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan pola asuh yang diterapkan dan kemampuan komunikasi anak tunagrahita.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua anak tunagrahita menerapkan pola asuh yang
beragam juga menyesuaikan karakter anak tunagrahita. Pola asuh orang tua berpengaruh terhadap
kemampuan komunikasi anak tunagahita. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pola asuh orang tua
mempengaruhi kemampuan komunikasi anak tunagrahita, dan pola asuh yang diterapkan disesuaikan
dengan karakter anak tunagrahita. Implikasi dari hasil penelitian ini memberikan pedoman mengenai
pola asuh yang direkomendasikan untuk menstimulasi kemampuan komunikasi anak tunagrahita.
Hal ini mendukung pentingnya kolaborasi orang tua dengan sekolah yang bisa melaksanakan
optimalisasi program intervensi komunikasi dengan menyesuaikan pola asuh yang diterapkan orang
tua.
Kata Kunci : pola asuh, komunikasi, tunagrahita.
Abstract
Parenting styles are beneficial for improving communication skills, optimizing growth and
development, and shaping the character of children with intellectual disabilities. To achieve these
goals, parents must implement an appropriate parenting style. This research aims to describe the
application of parenting styles and their relationship to the communication skills of children with
intellectual disabilities at SLB C AKW KUMARA II Surabaya. The research focuses on describing
parenting styles' impact on the communication skills of children with intellectual disabilities. A
qualitative descriptive approach was used. Data was collected through interviews and observations
from five informants (children with intellectual disabilities and their parents). Data was analyzed
using the Miles and Huberman model, which includes data condensation, data presentation, and
conclusion drawing. The research results show the applied parenting styles and the communication
skills of children with intellectual disabilities. The results indicate that parents of children with
intellectual disabilities apply diverse parenting styles that are adapted to the child's individual
characteristics. Parental parenting styles influence the communication skills of children with
intellectual disabilities. The conclusion of this research is that parental parenting styles affect the
communication skills of children with intellectual disabilities, and the parenting styles applied are
adjusted to the child's characteristics. The implications of these research findings provide guidance
on recommended parenting styles to stimulate communication skills in children with intellectual
disabilities. This supports the importance of parental collaboration with schools to optimize
communication intervention programs by adjusting the parenting styles implemented by parents..
Keywords: parental parenting, communication , intellectually disabled
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

