PENGARUH PENGGUNAAN FINGER PAINTING DENGAN MEDIA DUA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN PEMUSATAN PERHATIAN PESERTA DIDIK AUTIS DI LABSCHOOL 2 UNESA

Authors

  • fina erinna nariswari universitas negeri surabaya
  • Fina Nariswari

Abstract

Abstrak

Pemusatan perhatian bermanfaat dalam proses belajar peserta didik untuk menyaring informasi penting dan menyimpannya dalam memori jangka panjang. Pemusatan perhatian sangat berpengaruh bagi berbagai unsur keberhasilan bahasa dan akademik peserta didik dan perkembangan kognitif, serta mengurangi distraksi. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada pengaruh dari penggunaan finger painting dengan media dua dimensi terhadap kemampuan pemusatan perhatian pada peserta didik autis di  SD Labschool 2 UNESA. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu one grup pre-test dan post-test dengan subjek penelitian berjumlah 6 peserta didik autis. Instrument penelitian yang digunakan yaitu observasi non-test  Teknik analisis data menggunakan uji statistic non parametrik Wilcoxon Match Signed Rank Test dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan Asymp.Sig (2-tailed) 0,026 yang lebih kecil dari 0.05 sehingga disimpulkan bahwa finger painting berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemusatan perhatian peserta didik autis. Implikasi dari hasil penlitian ini yaitu finger painting menjadi kegiatan intervensi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemusatan perhatian peserta didik autis. Penggunaan finger painting terbukti mampu meningkatkan kemampuan pemusatan perhatian yang sangat penting untuk menyaring informasi, memahami instruksi, dan mencapai keberhasilan akademik.

Kata Kunci: finger painting, pemusatan perhatian, autis

 

 

Abstract

Focusing attention is beneficial in the learning process of students to filter important information and store it in long-term memory. Focusing attention greatly influences various elements of students' language and academic success and cognitive development, as well as reducing distractions. This study aims to prove the effect of using finger painting with two-dimensional media on the attention span of autistic students at SD Labschool 2 UNESA. The research approach used is quantitative with a pre-experimental research design. The research design used is a one-group pre-test and post-test with six students as research subjects. The research instrument used was non-test observation. Data analysis techniques used the non-parametric Wilcoxon Match Signed Rank Test with a significance level of 0.05. The results showed an Asymp.Sig (2-tailed) of 0.026, which is smaller than 0.05, concluding that finger painting has an effect on improving the attention span of autistic students. The implications of these findings are that finger painting is an effective intervention activity for improving the attention span of autistic students. The use of finger painting has been proven to enhance attention span, which is crucial for filtering information, understanding instructions, and achieving academic success.

Keywords: finger painting, attention span, autism

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-02
Abstract views: 51 , PDF Downloads: 58