KAJIAN TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN PERILAKU SOSIAL PADA PESERTA DIDIK DISABILITAS INTELEKTUAL (STUDI KASUS DI SLB NEGERI GEDANGAN)
Abstract
Abstrak
Perilaku sosial bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari yaitu meningkatkan kerjasama, membentuk empati terutama bagi peserta didik disabilitas intelektual, kemampuan bersosialisasi dapat menyebabkan hambatan dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Strategi pembelajaran perilaku sosial menjadi hal penting untuk diterapkan. Di SLB Negeri Gedangan masih terdapat peserta didik disabilitas intelektual yang menunjukkan perilaku sosial kurang adaptif, seperti berbicara kasar, sulit bekerja sama, atau tidak mampu mengelola emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran perilaku sosial yang diterapkan oleh guru di SLB Negeri Gedangan dalam membentuk perilaku sosial anak, hambatan yang dihadapi, serta solusi yang diterapkan untuk mengatasinya. Fokus penelitian ini mencakup empat aspek utama, yaitu: strategi pembelajaran yang digunakan, pelaksanaan strategi, hambatan yang dihadapi, serta solusi untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan partisipan terdiri atas 5 peserta didik dan 2 guru kelas. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis model Miles & Huberman yang meliputi tahap pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan melalui kredibilitas dan transferabilitas. Hasil utama penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran perilaku sosial yang diterapkan guru di SLB Negeri Gedangan, yaitu modeling, pembiasaan, dan reward, efektif dalam membantu peserta didik disabilitas intelektual menunjukkan perilaku yang lebih adaptif. Implikasi penelitian ini penting bagi guru dan pihak sekolah dalam penanganan perilaku sosial peserta didik disabilitas intelektual. Pendekatan individual dan perhatian terhadap faktor lingkungan sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Strategi diterapkan secara efektif, fleksibel, dan konsektual pada kegiatan sehari-hari untuk membentuk perilaku sosial peserta didik.
Kata kunci: strategi pembelajaran, perilaku sosial, disabilitas intelektual.
Abstract
Social behavior is beneficial in daily life as it enhances cooperation and fosters empathy, especially for students with intellectual disabilities. Difficulties in socializing can lead to obstacles in participating in social and community life. Therefore, implementing social behavior learning strategies is essential. At SLB Negeri Gedangan, there are still students with intellectual disabilities who display less adaptive social behaviors, such as speaking harshly, having difficulty cooperating, or being unable to manage their emotions. This study aims to describe the social behavior learning strategies applied by teachers at SLB Negeri Gedangan to develop students’ social behavior, the obstacles encountered, and the solutions implemented to overcome those obstacles. The focus of this research includes four main aspects: the learning strategies used, the implementation of these strategies, the challenges faced, and the solutions applied. This study uses a qualitative approach with a case study design, involving five students and two classroom teachers as participants. Data were collected through observation, interviews, and documentation. Data analysis followed the Miles & Huberman model, which includes data collection, data display, and conclusion drawing. The validity of the data was ensured through credibility and transferability measures. The main findings of this study indicate that the social behavior learning strategies applied by teachers at SLB Negeri Gedangan—namely modeling, habituation, and rewards—are effective in helping students with intellectual disabilities demonstrate more adaptive behavior. The implications of this research are important for teachers and schools in addressing the social behavior of students with intellectual disabilities. Individualized approaches and attention to environmental factors are highly necessary in the learning process. The strategies are applied effectively in a flexible and contextual manner through everyday school activities.
Keywords: learning strategies, social behavior, intellectual disabilities
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 125
,
PDF Downloads: 109