PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN LEMON TEA UNTUK MENINGKATKAN VOKASIONAL SKILL BAGI DISABILITAS INTELEKTUAL

Authors

  • Donna Renalda Octaviani Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwik Widajati

Abstract

Abstrak
Keterampilan vokasional bermanfaat untuk membekali peserta didik disabilitas intelektual dengan
keterampilan hidup agar mampu hidup dengan mandiri, membangun kemandirian dengan memberikan
pelatihan kerja yang sesuai dengan kemampuan dan minat peserta didik disabilitas intelektual. Peserta
didik disabilitas intelektual memiliki daya ingat yang kurang dalam mengingat materi yang disampaikan
dan kesulitan memahami tahapan pembelajaran yang tidak disertai dengan media pembelajaran yang
menarik dan fokus peserta didik mudah teralihkan. Sehingga, membutuhkan media video pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan media video pembelajaran pembuatan
lemon tea untuk meningkatkan keterampilan vokasional bagi disabilitas intelektual. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif pre eksperimen dengan desain one group pre test post test. Subjek
dalam penelitian ini sebanyak 6 peserta didik disabilitas intelektual. Teknik pengumpulan data adalah tes
keterampilan. Teknik analisis data menggunakan uji statistic non parametic wilcoxon match pair test
dengan taraf signifikansi Asymp.Sig. (2-tailed) 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Asymp.Sig. (2
tailed) sebesar 0,028 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran pembuatan
lemon tea berpengaruh terhadap peningkatkan keterampilan vokasional pada peserta didik disabilitas
intelektual . Implikasi hasil dari penelitian ini yaitu peserta didik disabilitas intelektual mengalami
peningkatan dalam keterampilan vokasional, kemandirian dan mengoptimalkan keterampilan
berwirausaha.
Kata Kunci: Video pembelajaran, disabilitas intelektual, keterampilan vokasional,
Abstract
Vocational skills are useful to equip learners with intellectual disabilities with life skills to be able to live
independently, building independence by providing job training in accordance with the abilities and
interests of learners with intellectual disabilities. students with intellectual disabilities have poor memory
in remembering the material presented and have difficulty understanding the learning stages of culinary
classes that are not accompanied by attractive learning media, so that the focus of students is easily
distracted. This study aims to prove the effect of using learning video media for making lemon tea to
improve vocational skills for intellectual disabilities.This study used a quantitative pre-experimental
approach with a one group pre test post test design. The subjects in this study were 6 students with
intellectual disabilities. The data collection technique was a skill test. The data analysis technique uses a
non-parametric statistical test wilcoxon match pair test with a significance level of Asymp.Sig. (2-tailed)
0.05. The results showed that Asymp.Sig. (2-tailed) is 0.028 <0.05. So it can be concluded that the learning
video media for making lemon tea has an effect on improving vocational skills in students with intellectual
disabilities. The implication of the results of this study is that students with intellectual disabilities
experience an increase in vocational skills, independence and optimize entrepreneurial skills.
.
Keywords: Video learning, intellectual disabilities, vocational skills,

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-03
Abstract views: 41 , PDF Downloads: 38