PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DALAM MENGENAL NAMA NAMA HEWAN DI KELAS KECIL PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU

Authors

  • Dito Chandra Yasa Universitas Negeri Surabaya
  • Ima Kurrotun Ainin Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan hak setiap warga negara, termasuk peserta didik dengan kebutuhan khusus seperti tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh media Big book terhadap kemampuan membaca dalam mengenal nama-nama hewan pada peserta didik tunarungu di kelas kecil. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pre-eksperimental dengan pola one group pretest posttest. Teknik analisis data menggunakan wilcoxon match pair test. Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka penelitian ini membuktikan adanya pengaruh media big book terhadap kemampuan membaca dalam mengenal nama-nama hewan di kelas kecil pada peserta didik tunarungu. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Big book merupakan media pembelajaran yang potensial untuk pengembangan kosakata pada kemampuan membaca peserta didik tunarungu. Media ini dapat merangsang minat belajar, meningkatkan perhatian visual, dan mempermudah pemahaman kosakata melalui ilustrasi yang menarik.

Kata Kunci: big book, nama-nama hewan, kelas kecil, peserta didik tunarungu

Abstract

Education is the right of every citizen, including learners with special needs such as the deaf. This study aims to prove the effect of Big book media on reading ability in recognizing animal names in deaf students in small classes. This research method uses a quantitative pre-experimental approach with a one group pretest posttest pattern. Data analysis technique using wilcoxon match pair test. Based on the results of the data analysis, this study proves the influence of big book media on reading ability in recognizing animal names in small classes for deaf students. Thus, it can be concluded that Big book is a potential learning media for vocabulary development in the reading ability of deaf learners. This media can stimulate interest in learning, increase visual attention, and facilitate vocabulary understanding through interesting illustrations.

Keywords: big book, animals, small class, deaf leaner

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-03
Abstract views: 61 , PDF Downloads: 40