PENGARUH PENERAPAN STRATEGI SABOTAGE DENGAN PENDEKATAN AUDITORY VERBAL THERAPY TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK TUNARUNGU

Authors

  • Hafizh Rajih Universitas Negeri Surabaya
  • Diah Ekasari Ekasari

Abstract

Abstrak

Setiap pembelajaran kemampuan berbicara anak tunarungu sering mengalami hambatan akibat keterbatasan dalam menerima informasi auditori, sehingga diperlukan strategi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan komunikasi verbal mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi sabotage dengan pendekatan Auditory Verbal Therapy terhadap kemampuan berbicara anak tunarungu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest kelompok tunggal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes lisan. Instrumen penelitian berupa lembar perkembangan kemampuan berbicara. Teknik analisis data menggunakan uji non-parametrik Wilcoxon Match Pairs Test untuk melihat perbedaan kemampuan berbicara sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan berbicara anak tunarungu setelah penerapan strategi sabotage dalam pendekatan AVT, terutama pada aspek penguasaan kosakata, dan kelancaran berbicara. Penerapan strategi sabotage dengan pendekatan AVT memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan berbicara anak tunarungu.

Kata Kunci: Strategi Sabotage, Auditory Verbal Therapy, Kemampuan berbicara, Anak Tunarungu

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-08
Abstract views: 5 , PDF Downloads: 2